Ads 720 x 90

Fiksioner Free Blogger Theme Download

Mau Bisnis Bakso Yang Sukses? Wajib Baca Tipsnya Disini!

Memulai Bisnis Bakso - Bisnis bakso merupakan macam bisnis makanan yang terbukti telah sukses dijalani banyak orang. Dimulai dari bisnis yang tadinya hanya bisnis yang bermodal hanya kecil-kecilan saja, lalu terus berkembang menjadi bisnis bakso berskala besar hingga akhirnya mampu untuk membuka cabang dimana-mana dan menjadi terkenal dimana-mana ahirnya menjadikan baksonya sebagai franchise sendiri.


cara supaya sukses berbisnis bakso



Bisnis berjualan bakso bukan macam bisnis yang bermodal besar, biaya terbesar mungkin ada pada gerobak jika Anda akan menjualnya dengan cara berkeliling. Selain itu, untuk mengurangi pengeluaran per bulannya, para pebisnis juga banyak yang menggunakan mesin pembuat bakso agar produksinya lebih efisien.


Baca Juga : 11 Contoh Usaha Sampingan Untuk Karyawan Bermodal Kecil

Bisnis Bakso


Sebenarnya baik mereka yang berjualan berkeliling ataupun hanya berjualan dirumah rata-rata memang membutuhkan gerobak atau setidaknya box yang menyerupai gerobak sebagai tempat untuk memasang dan meletakkan bahan-bahan. Bisa dengan atau tanpa menggunakan roda, tergantung kebutuhan.


Letak untuk Bisnis Bakso



Sebagai kunci kesuksesan bisnis bakso, penentuan letak untuk berjualan adalah poin yang cukup penting. Berikut ini adalah beberapa saran letak yang cukup strategis untuk bisnis bakso:


1. Di sekitar sekolah atau kampus



Berjualan bakso pada letak ini sangatlah mempunyai peluang yang sangat besar, karena setiap harinya lokasi di area sekitar sekolah atau kampus selalu ramai oleh mahasiswa maupun siswa, dan kecenderungan siswa atau mahasiswa kuliah biasanya adalah nongkrong dan makan bersama teman. Itulah kenapa bisnis makanan apapun di lingkungan sekolah atau kampus selalu banyak orang berjualan.


2. Di Area Terminal atau Stasiun



Kenapa stasiun atau terminal bisa jadi letak yang bagus? Banyak penumpang kendaraan baik itu bus atau kereta yang berasal dari tempat yang jauh dan selama perjalanan biasanya mereka menahan lapar. Itulah kenapa banyak sekali penumpang yang baru turun dari bus atau kereta biasanya langusng mencari warung makan untuk makan.


3. Di Depan Pabrik atau Area Perkantoran



Walapun pabrik atau kantor ada yang menyediakan kantin bagi karyawan tetapi tidak semua karyawan suka makan di kantin yang disediakan. Banyak diantara mereka yang memilih keluar untuk mencari makanan juga sekedar untuk menghirup udara luar.

4. Di sekitar pasar

Pasar juga menjadi tempat yang sangat ramai, penjual makanan banyak sekali dijumpai disekitar pasar, letak ini juga cocok untuk tempat berjualan bakso atau macam makanan lainnya.

Ada juga beberapa penjual bakso yang memilih menjajakan dagangan baksonya dengan cara berkeliling dengan gerobaknya. Letak yang dituju tentu saja yang padat penduduknya seperti perkampungan atau juga perumahan.

Baca Juga : 10 Ide Usaha Makanan Online Laris Manis untuk Pemula


Bisnis Bakso Agar Ramai dan Laris Pembeli



Sepertinya, di balik pebisnis-pebisnis yang sukses menjalankan bisnis bakso-nya, ternyata masih saja ada segelintir orang yang masih kesulitan menjual bakso nya setiap hari. Hal itu tentu membuat pebisnis merasa sedih, karena ternyata bisnis yang di jalankannya tidak sesuai dengan harapan awal ketika beriat membangun bisnis kuliner bakso ini.

Lantas apa saja faktor yang dapat membuat bisnis bakso tidak ramai oleh pembeli? Ada beberapa faktor penyebab yang di lupakan oleh para pebisnis bakso tersebut. Veberapa faktor yang dapat menyebabkan usaha Bakso tidak laris, pembeli sedikit adalah sebagai berikut :


Letak Yang Tidak Strategis



Mungkin letak yang di jadikan sebagai target tidak sesuai dengan strategi semestinya, misalnya pebisnis bakso menjual dagangan di tengah sawah, tentu hal ini membuat daganganya tidak laku, hehe.


Rasa Bakso Yang Kurang Memuaskan



Rasa bakso yang tidak enak, yang tidak sesuai dengan selera pembeli membuat bakso macam ini lebih di hindari oleh pembeli, kebayang kan kalau kita berada di sebuah desa, namun kita mencoba membuat aneka macam jenis bakso dengan di dalamnya di beri buah stroberi, atau dengan paduan jamur yang membuat rasa bakso menjadi berbeda dari asalnya, tentu hal ini tidak akan cocok dengan target pasar yang ada, bahkan pembelipun tidak ingin memakannya.
Harga Bakso Yang Terlalu Mahal

Memang seperti kita ketahui bahwa harga bahan baku pembuat bakso ini yaitu daging sapi lumayan mahal, bahkan /kg daging sapi saja Rp. 100.000 . Tetapi jika kita menawarkan bakso dengan harga yang tidak sesuai pasaran, sedangkan di sekitar banyak pebisnis bakso lainya tentu hal ini akan membuat dangangan bakso anda sepi pembeli.

Pelayanan Yang Tidak Baik


Jika pelayanan anda tidak baik dalam melayani para pembeli maka hal itu akan membuat mereka tidak akan pernah untuk membeli kembali dagangan bakso anda. Usahakan untuk membuat sedikit lelucon agar hubungan antara pebisnis dan pembeli sedikit bisa lebih akur ataupun menggunakan bahasa yang baik dan sopan, sehingga akan terjadi hubungan kedekatan yang lebih baik dan akhirnya pembeli itu akan menjadi pelanggan tetap anda.

Baca Juga :Bisnis Thai Tea Botolan yang Bisa di Kerjakan di Rumah dengan Modal Kecil

Tips Agar Bisnis Bakso Laris



langkah selanjutnya adalah bagaimana trik atau cara membuat warung makan bakso yang unik, yang berbeda sehingga bisa menarik para pembeli agar dagangan bakso bisa laris. Beberapa caranya adalah :


1. Berikan Pilihan Yang Berbeda



Seringkali orang cenderung bosan dengan makanan yang mereka santap tiap hari atau dalam frekuensi yang sering. Sama halnya dengan bakso dagangan anda. Maka sebaiknya anda dalam berbinsi membuka warung bakso juga harus memberikan pilihan menu yang berbeda kepada pelanggan, yang mungkin bisa meningkatkan daya beli para pelanggan anda.

Anda bisa menambahkan menu dengan Mie ayam bakso misalnya, atau bakso beranak, atau bakso atau bakso rasa kepiting laut atau bakso rasa udang dan lain sebagainya sebagainya. Sehingga selain untuk menarik minat hal itu juga akan membuat orang penasaran dengan produk terbaru anda.


2. Hiasi Gerobak / Kios Anda



Bagi sebgaian orang, mencari tempat makan itu tidak hanya soal rasa dan harga, melainkan rasa nyaman dan aman para pembeli. Apalagi untuk urusan makan, masyarakat cenderung memilih tempat makan yang mengundang selera makan anda. Biasanya hal tersebut berkaitan erat denga kebersihan letak Anda Berjualan. semakin bersih maka pelanggan akan semakin tertarik makan di warung makan bakso anda.

Bila situasi dan kondisi memungkinkan Anda sebagai pebisnis bakso dapat menghiasi gerobak atau kios anda dengan gambar-gambar bakso yang cukup besar dan menarik untuk mengundang selera makan. Jadi jika ada orang yang melintas warung makan bakso anda selalu tertarik untuk makan setelah melihat gambar bakso yang terlihat begitu nikmat dan enak.


3. Berikan Diskon Di Hari / Jam Tertentu



Setelah anda menjalankan bisnis bakso anda, coba perhatikan pada hari apa atau jam berapa warung makan bakso anda terlihat sepi, terkecuali ketika warung makan anda tutup ya, hehe.

Misalnya warung makan sepi sekitar jam 9 pagi, maka untuk tidak membiarkan warung makan bakso anda sepi pelanggan maka gunakanlah beberpa trik yang memungkinkan orang pasti 90% tertarik untuk membeli di warung bakso anda. Misalnya diskon 50% untuk pembelian bakso di jam 9 pagi sampai jam 10 atau anda dapat memberikan promo gratis teh botol setiap pembelian bakso di hari kamis di jam 9 – 10 pagi, dan lain sebagainya.


4. Berikan Pengalaman Kenyamanan Saat Pembeli Makan di Warung makan Bakso Anda



Orang cenderung akan menyukai tempat makan yang lebih nyaman dan menyenangkan. Anda bisa memberikan failitas lebih untuk warung makan anda, Misalnya kipas angin, atau AC, atau fasilitas toilet gratis dan tempat cuci tangan, yang tentu akan membuat sebgaian orang lebih mengutamaka kenyamanan saat mereka makan.


5. Lakukan Strategi Promosi



Jika bisnis warung makan bakso yang anda kelola masih sepi dari pembeli, maka coba lakukan promosi lewat sosial media seperti facebook, twitter, instagram dan sosial media lainnya, sebisa mungkin jangan hanya sebatas promosi yang biasa-biasa saja, tetapi promosi yang benar-benar memberikan daya tarik yang kuat kapada setiap yang melihat promosi anda. Misalnya Setiap pembelian bakso lebih dari 2 porsi akan mendapatkan kupon undian berhadiah. Atau setelah pembelian hingga mencapai 100 ribu maka akan mendapat hadiah langsung berupa t-shirt keren. dan lain sebagainya.


Itulah tips dan trik supaya Bisnis bakso yang anda kelola bisa sukses yang sudah kami rangkum dari berbagai sumber. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca semuanya dan dapat mempraktekkannya.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter