Ads 720 x 90

Fiksioner Free Blogger Theme Download

Proposal Pkm Kewirausahaan "Trangbulan Mini Manis Legit Goyang Di Lidah"

PROPOSAL PKM
KEWIRAUSAHAAN
“TRANGBULAN MINI MANIS LEGIT GOYANG DI LIDAH”

Disusun oleh :
Ketua : Rifki Kuntoro Aldi
NIM : B19042


POLITEKNIK INDONUSA SURAKARTA
Jl. K.H Samanhudi No.31, Bumi, Kec. Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57149
Telp: 0271 – 74347


BAB 1
PENDAHULUAN


A. Latar Belakang


Dengan perkembangan zaman dan teknologi maka perilaku seseorang sekarang ini mulai berhati-hati dalam memilih dan membeli makanan, sebab pada masa sekarang ini sudah banyak makanan yang dibuat dengan menggunakan berbagai macam bahan kimia yang berbahaya yang di campurkan dengan bahan makanan. Sebagian masyarakat kategori kelas bawah, biasanya hanya memilih makanan hanya berpedoman pada rasanya yang enak dan harganya yang relatif murah. Dua kategori inilah yang menjadi prioritas utama bagi mereka untuk membeli makanan. Mereka tidak begitu memikirkan kandungan yang terdapat dalam makanan tersebut. Untuk itulah kami bermaksud membuat makanan yang mempunyai rasa yang enak dan dengan harga yang cukup relatif murah dan aman untuk dikonsumsi, karena tidak menggunakan bahan kimia yang berbahaya, dan juga mempunyai kandungan gizi yang cukup.

Dari penjelasan diatas maka sangat potensial bilamana kami mengembangkan usaha trangbulan mini ini, karena sebagian dari masyarakat baik dari golongan atas, menengah sampai golongan bawahpun sangat menyukai trangbulan mini, karena rasanya yang enak, gurih, nikmat dan manis. Trangbulan mini ini mempunyai bervariasi rasa, sehingga nantinya konsumen dapat memilih rasa yang sesuai selera yang mereka sukai. Selain itu, trangbulan mini ini dapat dikonsumsi oleh semua umur. Jadi, siapapun bisa untuk mengkonsumsi tranbulan mini ini baik orang yang tua maupun orang muda. Trangbulan mini ini dapat dinikmati dalam kondisi bagaimanapun, bisa di malam hari maupun di pagi hari. Tranbulan mini ini akan lebih enak rasanya dan nikmat apabila dimakan sambil menikmati minum kopi hangat maupun teh hangat, terlebih lagi ketika sedang cuaca terasa dingin, maka trangbulan mini ini sangat cocok sebagai makanan penghangat tubuh.

Walaupun trangbulan mini ini memiliki ukuran yang sangat kecil di bandingkan dengan tranbulan normal pada umumnya, tetapi trangbulan mini ini juga cukup mengenyangkan perut, cocok sekali juga untuk yang sedang melaksanakan program diet.

Dengan alasan dan landasan tersebut kami berniat untuk merintis usaha trangbulan mini , dan usaha kami tersebut kami beri nama, yaitu: TRANG BULAN MINI MANIS LEGIT GOYANG DI LIDAH. Dengan harapan supaya konsumen akan tertarik untuk datang dan membeli trangbulan mini kami dengan perasaan yang senang, gembira karena kenikmatan dari rasa TRANG BULAN MINI MANIS LEGIT GOYANG DI LIDAH.


BAB 2
VISI DAN MISI


A. Visi


Menciptakan sebuah usaha yang yang mempunyai keunggulan dengan kualitas yang terbaik. Menjadikan terang bulan mini ini menjadi makanan favorit bagi masyarakat Indonesia, dan menjadikan Usaha Ini menjadi besar dan sukses, sehingga bisa menciptakan lapangan pekerjaan.

B. Misi


• Memberikan kualitas yang terbaik kepada setiap konsumen.
• Memberikan pelayanan yang ramah, baik dan sopan kepada setiap konsumen.
• Membuat terangbulan mini ini dengan topping dengan bermacam varian rasa supaya konsumen bisa memilih kesukaannya.


BAB 3
MANFAAT USAHA


A. Manfaat Ekonomi


Usaha trangbulan mini ini cukup menjanjikan, karena keuntungan yang diperoleh dalam usaha ini cukup besar. Kami menawarkan dan memberikan kemudahan kepada pelanggan dengan memberikan harga yang relati murah, tetapi dengan produk yang tidak murahan, dengan kata lain kualitas produk selalu kami jaga dan mempunyai nilai gizi untuk kesehatan. Dengan usaha ini diharapkan dapat memberikan keuntungan dan nantinya jika sudah sukses, berhasil dan berkembang maka akan membuka lapangan pekerjaan.

B. Manfaat Sosial


• Bagi Pemilik


Dengan melihat peluang usaha ini, diharapkan nantinya usaha ini dapat terus berkembang ke berbagai daerah bahkan ke luar manca negara. Usaha trangbulan mini ini cukup menjanjikan bagi kita, karena masih banyak daerah-daerah di Indonesia yang belum menikmati enaknya trangbulan mini ini, sehingga nantinya kita dapat memasarkannya ke daerah tersebut. Keuntungan yang dapat dihasilkan oleh pemilik usaha yaitu dapat menjadikan sebagai pengalaman dalam berbisnis dan entrepreneurship. Serta dapat menjadi pengalaman pembelajaran dalam menjalankan bisnis-bisnis yang lain yang nantinya lebih besar. Pembelajaran dan pengalaman yang diperoleh seperti bagaimana cara melayani konsumen, bagaimana cara supaya karyawan menjadi senang dengan kebijakan yang sudah kita tetapkan, bagaimana cara mengoptimalkan pemasaran bisnis, dan lain sebagainya.

• Bagi Masyarakat


Dengan adanya tranbulan mini ini, dapat menjadi alternative bagi masyarakat untuk dapat memenuhi kebutuhan makanan mereka. Selain itu juga secara tidak langsung bisa membuka lapangan kerja bagi masyarakat yang sedang membutuhkan pekerjaan, karena apabila usaha ini sudah sukses, berhasil dan berkembang maka membutuhkan tenaga kerja untuk membantu dalam kelancaran usaha ini.



BAB 4
TUJUAN USAHA


A. Tujuan Usaha


• Usaha ini bergerak dalam bidang Kuliner
• Mendapatkan keuntungan yang sebanyak-banyaknya.
• Untuk membentuk pribadi entrepreneur bagi pemilik dan penjalan usaha
• Menambah pengalaman dan pembelajaran ilmu pengetahuan kewirausahaan dalam menjalankan kegiatan usaha.
• Memberdayakan kemampuan dan kemantapan dalam berwirausahaan untuk meningkatkan kemajuan serta untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
• Membudayakan sifat, semangat, prilaku dan kemampuan berwirausaha di kalangan mahasiswa dan masyarakat yang mampu di berdayakan dan terdepan dalam berwirausaha.

BAB 5
RINGKASAN USAHA


A. Profil Usaha


Nama Usaha : Trangbulan Mini Manis Legit Goyang Di Lidah
Jenis Usaha : Kuliner
Alamat : Jl. A. Yani, Mendungan, Pabelan, Kec. Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Jawa
Tengah 57162
Pemilik : Rifki Kuntoro Aldi

B. Gambaran Awal Usaha


Usaha ini nantinya merupakan usaha saya yang pertama kalinya dalam bidang kuliner. Dalam tahapan awal saya akan meminjam dana dari BMT Syariah sebagai tambahan awal modal saya dalam mendirikan usaha ini..


BAB 6
PRODUK USAHA


A. Gambaran produk


Produk yang saya tawarkan dalam menjalankan usaha ini kepada konsumen mempunyai berbagai macam topping yang dimiliki, seperti :

- Coklat
- Keju
- Kacang
- Strawberry
- Nanas
- Durian

Dengan mempunyai berbagai macam varian rasa tersebut maka konsumen nantinya dapat memilih rasa yang mereka inginkan sesuai dengan keinginan mereka masing-masing. Produk yang kami sajiakan tidak mempergunakan campuran bahan kimia yang berbahaya seperti formalin, wantek, Nitrat, Merkuri, BPA, Arsenik , sehingga baik untuk dikonsumsi oleh konsumen dan tidak merusak kesehatan.

B. Gambaran Persaingan


Untuk saat ini saya tidak mempunyai pesaing. Oleh karena itu saya yakin dan mantab untuk berwirausaha trangbulan mini manis ini, karena tempat yang saya pergunakan untuk berwirausaha ini sangatlah strategis, dan ditambah juga tidak ada pesain di sekitar wilayah tersebut.

BAB 7
ANALISIS SWOT


Adapun analisis SWOT terhadap bisnis ini adalah sebagai berikut :

1. Faktor internal.


a. Strengths (Kekuatan)


• Penyajian dari trangbulan mini ini sangatlah sederhana dan mudah tanpa memerlukan banyak waktu yang lama dalam penyajiannya.
• Faktor tempat akan membuat produk kami banyak diminati konsumen, karena faktor tempat kami berjualan dekat dengan Universitas Muhammadiyah Surakarta.
• Harga dari trangbulan mini ini cukup murah, sehingga dapat terjangkau oleh semua kalangan masyarakat/konsumen.
• Trangbulan mini yang kami sajikan ini mempunyai berbagai macam rasa yang lebih nikmat dan gurih, karena kualitas dan kebersihannya selalu kami utamakan.
• Karena trangbulan mini ini mempunyai banyak rasa, sehingga konsumen dapat memilih rasa yang sesuai dengan selera mereka masing-masing.
• Perlengkapan maupun bahannya mudah di dapatkan.

b. Weakness (Kelemahan)


• Permintaan dari konsumen biasanya akan menurun, jika keaadaan cuaca sedang buruk.
• Faktor kenaikan dari harga sembako juga dapat mengurangi permintaan dari konsumen.

2. Faktor eksternal


a. Opportunities (Peluang / kesempatan)


• Melihat banyaknya masyarakat yang gemar memakan makanan yang manis dan mengenyangkan, maka trangbulan mini manis legit goyang di lidah ini bisa menjadi alternatif sebagai makanan pengganti makanan pokok/cemilan.
• Di wilayah khususnya di daerah Solo, sebagian besar penjual trangbulan mini ini yang ada hanya menawarkan rasa yang umum seperti rasa coklat, kacang, keju, srikaya, strawberry, blueberry dan nanas, maka saya bermaksud untuk memberikan rasa yang baru yaitu rasa Durian. Dengan rasa tersebut masyarakat yang mempunyai suka mengkonsumsi durian tidak perlu menunggu musim durian tiba, sehingga cukup membeli tranbulan mini ini dengan rasa durian.
• Karena trangbulan mini ini bisa dinikmati oleh semua usia dari yang muda sampai yang tua, maka pasar sasarannya mencakup semua kalangan masyarakat.

b. Threats (Ancaman)


Melihat dari banyaknya permintaan masyarakat dalam mengkonsumsi makanan terutama martabak manis, maka persaingan dalam menjalankan usaha ini pun cukup banyak. Dan apabila pelayanan dan kualitas yang kita berikan kepada konsumen kurang memuaskan, maka konsumenpun akan merasa kecewa, sehingga usaha ini akan terancam bangkrut. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka kami dalam menjalankan usaha ini akan selalu memberikan pelayanan dan kualitas produk yang terbaik kepada semua konsumen kami. Kualitas produk yang baik dan pelayanan yang terbaik menjadi prioritas utama kami dalam menjalankan usaha trangbulan mini manis ini.


BAB 8
RENCANA USAHA


Adapun rencana usaha yang akan dijalankan dalam usaha ini ialah sebagai berikut :

1. Rencana Jangka Pendek


Usaha bisnis trangbulan manis yang kami rintis ini bertujuan untuk menambah pengalaman kerja didalam berbisnis bagi kalangan sesama mahasiswa maupun bagi umum, selain dapat meningkatkan kreativitas, juga dapat dijadikan suatu usaha yang menjanjikan untuk kehidupan masa depan dan biaya kuliah kami sebagai mahasiswa.

2. Rencana Jangka Menengah


Usaha yang kami rintis ini pastinya akan kami kembangkan demi mewujudkan impian kami bersama, yaitu ingin menjadi seorang pengusaha muda yang sukses, strategi pasar dan pemasaran menjadi kunci awal untuk keberlanjutan usaha kami kedepannya. Pelanggan merupakan raja, maka dari itu kepuasan pelanggan menjadi yang utama dari segalanya, karena tanpa pelanggan belum tentu usaha ini akan bertahan lama. Tidak lupa pula kami rajin melakukan promosi usaha kami, baik dari mulut ke mulut, iklan di media online, dan media yang lainnya.

3. Rencana Jangka Panjang


Setelah berhasil mendapatkan pelanggan, kami akan lebih meningkatkan mutu dan kualitas dari usaha kami ini, tidak lupa pula kami membangun jaringan dengan pabrik roti maupun toko roti agar kami dapat dengan mudah untuk mendapatkan bahan baku agar usaha ini tidak mengalami kendala apapun dalam penyediaan bahan baku.


BAB 9
ANALISIS PASAR DAN PEMASARAN


Analisis Pasar dan Pemasaran usaha trangbulan mini saya yaitu :

1. Target Pasar


Usaha kami ini berlokasi di tempat yang strategis dan di pinggir jalan, tempat lokasi tersebut yang banyak di lewati oleh semua kalangan masyarakat terutama mahasiswa, sehingga usaha kami ini mudah untuk dikenal oleh masyarakat. Yang menjadi target pasar kami yaitu mahasiswa dan masyarakat pengguna jalan tempat usaha kami berdiri.

2. Pesaing


Tidak terdapat pesaing yang terdapat di wilayah sekitar dari usaha ini, akan tetapi di sinilah kreatifitas kita bagaimana cara kita menarik konsumen agar dapat membeli produk kita supaya nantinya jika ada pesaing yang datang maka kita kan menggunakan kreatifitas kita tanpa membuat pesaing kita merasa tidak senang dengan tindakan kita. Namun kekeluargaan harus tetap selalu terjaga antara pesaing dan menciptakan persaingan yang sehat tanpa menjatuhkan pesaing. Dengan cara mentaati peraturan dan undang-undang pasar yang telah di tetapkan.

3. Sasaran Pembeli


Dalam menjalankan usaha ini sasaran pembeli kami yaitu mencakup semua kalangan masyarakat, baik kalangan bawah, kalangan menengah dan kalangan atas. Dari semua kalangan tersebut sebagian besar mampu untuk membeli produk yang kami tawarkan, karena harga yang kami berikanpun cukup terjangkau untuk semua kalangan termasuk kalangan mahasiswa yang notabenya anak kos.


BAB 10
STRATEGI PEMASARAN


Adapun strategi pemasaran yang dapat kami lakukan adalah :

1. Dari mulut ke mulut


Promosi ini merupakan promosi yang paling sederhana, serta tidak memerlukan banyak biaya untuk melakukan promosi ini. Cukup dengan bercerita dengan teman-teman kita atau keluarga untuk mempromosikan usaha kita, sehingga secara tidak langsung semua konsumen/masyarakat akan mengetahui usaha kita. Dan apabila usaha kita sudah diketahui dan disukai, maka konsumen tersebut akan memberitahukan kepada orang lain untuk membeli trangbulan mini manis ini di tempat kita.

2. Dengan media Internet


Selain promosi dari mulut ke mulut, maka promosi juga dapat dilakukan dengan menggunakan media internet, seperti dapat melalui facebook, twitter, blog,dll. Karena sebagian besar masyarakat sudah banyak sekali yang menggunakan media internet, sehingga masyarakat dapat mengetahui usaha kita.

3. Pengembangan Pasar


Selain melakukan berbagai strategi pemasaran produk seperti diatas, kami juga mempromosikan usaha kami ini dengan cara menambah pasar baru untuk memperluas jangkauan yang sudah dimiliki. Dalam hal ini, dapat dengan memperluas usaha trangbulan mini manis ini ke daerah-daerah yang lain, dengan harapan usaha ini akan lebih dikenal oleh masyarakat dan juga dapat menambahkan pendapatan serta dapat mengurangi tingkat pengangguran dengan memperkerjakan karyawan yang baru.

4. Pengembangan Produk


Pengembangan produk dari usaha ini dapat menambahkan rasa yang mungkin tidak ada di pesaing lain, seperti rasa durian dengan harga yang terjangkau, dan juga nantinya akan di kembangkan untuk warna dari trangbulan manis ini ada yang warna hijau, merah dan lain sebagainya, yangmana akan memberikan nilai lebih dimata para konsumen. Sehingga jangkauan pasar mililiki semakin luas, dan tingkat loyalitas konsumen pun setiap harinya kian meningkat. Kami juga menerima pemesanan pada acara-acara arisan, ulang tahun, dan juga acara resmi lainnya.

5. Langkah-langkah promosi


Untuk menarik minat konsumen agar membeli produk yang kami tawarkan kami mempunyai cara-cara tertentu, adapun cara tersebut yaitu :
• Pada malam m inggu kami akan memberikan potongan harga kepada konsumen yang trangbulan manis dengan harga diatas Rp10.000, maka akan kami berikan diskon sebesar 10%.
• Apabila konsumen membeli trangbulan mini ini diatas 5 wadah, maka kami akan menetapkan semua harga yang mereka pesan dengan harga yang paling rendah yaitu Rp10.000,-
• Selain itu, apabila konsumen membeli trangbulan mini ini diatas 8 wadah, maka kami akan menetapkan semua harga yang mereka pesan dengan harga yang paling rendah yaitu Rp10.000,- dan memberikan gratis satu wadah trangbulan mini dengan rasa terserah pelanggan.


BAB 11
ANALISIS OPERASIONAL


Adapun rencana produksi yang dijalankan ialah sebagai berikut:

1. Desain Produk


Desain produk yang diusahakan ialah kami membuatnya dengan semenarik mungkin agar pelanggan tidak bosan dengan tampilan dari trangbulan mini yang itu-itu saja.

2. Tempat Usaha


Tempat usaha yang kami rintis ialah dipinggir jalan-jalan dekat dengan universitas muhammadiyah surakarta, yangmana ramai sekali dilalui orang terutama mahasiswa, supaya konsumen dapat dengan mudah mengakses tempat usaha kami.


3. Pengawasan Kualitas



Dalam mengontrol kualitas produk dari usaha kami ini agar dapat dikonsumsi oleh konsumen dengan baik dan aman, maka kami melakukan pengecekan setiap hari terhadap kualitas maupun kuantitas dari bahan bau yang ada. Agar para konsumen tidak mendapatkan produk yang tidak layak jual dan makan.

4. Marketing atau Promosi


A. Analisis Aspek SDM


Untuk mendukung kelangsungan usaha ini dibutuhkan beberapa elemen Sumber Daya Manusia (SDM) yang terkait didalamnya. Adapun Sumber Daya Manusia (SDM) yang terlibat dalam kelangsungan usaha ini, yaitu:

1) Distributor

Agar usaha ini dapat bertahan dan berjalan dengan baik, maka kami melakukan kerjasama dengan distributor-distributor bahan baku trang bulan ini, sehingga bahan-bahan dari trangbulan mini ini mudah didapatkan. Distributor yang kami maksud merupakan orang yang memasok barang-barang yang kami butuhkan seperti pabrik roti maupun toko roti yang menjual segala bahan yang kami butuhkan.

2) Tenaga Kerja

Dalam berbisnis berjualan trangbulan manis ini kita tidak memerlukan sumber daya manusia yang ahli dan skill yang khusus seperti sarjana dll, akan tetapi yang diperlukan adalah orang yang mau bekerja secara tekun / telaten, sabar, jujur, kerja keras dan tidak gengsi karena ini merupakan pekerjaan remeh menurut pandangan masyarakat tertentu.

3) Masyarakat Sekitar

Selain SDM dari distributor dan tenaga kerja selanjutnya masyarakat juga berperan penting dalam kelancaran usaha ini, karena kita juga harus memiliki hubungan baik dengan masyarakat setempat, karena apabila kita tidak mempunyai hubunga baik maka bisa saja usaha kita tidak disenangi sehingga dapat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Sehingga disinilah kita sebagai wirausaha harus mempunyai sikap yang baik dan jujur terhadap siapa saja.

B. Analisis aspek finansial


1. Harga

Adapun produk yang kami tawarkan memiliki harga yang bervariasi tergantung dari rasa yang diinginkan oleh konsumen, karena macam-macam dari rasa tersebut tidak sama. Untuk harga tersebut / buah trangbulan. Adapun daftar harga yang kami tetapkan adalah sebagai berikut:


No

NAMA ROTI

HARGA

1

Coklat

Rp. 2.000

2

Kacang

Rp. 1.500

3

Keju

Rp. 2.500

4

Strawberry

Rp. 2.500

5

Nanas

Rp. 2.500

6

Durian

Rp. 3.000

7

Coklat + Kacang

Rp. 3.000

8

Coklat + Keju

Rp. 3.000

9

Coklat + Strawberry

Rp. 3.000

10

Coklat + Nanas

Rp. 3.000

11

Kacang + Keju

Rp. 3.000

12

Kacang + Strawberry

Rp. 3.000

13

Kacang + Nanas

Rp. 3.000

14

Keju + Strawberry

Rp. 3.000

15

Keju + Nanas

Rp. 3.000

16

Strawberry + Nanas + Durian

Rp. 4.000











































C. Modal awal



NO

NAMA BARANG

HARGA

JUMLAH

1

Gerobak

Rp. 8.750.000

1 Buah

2

Kompor

Rp. 319.000

1 Buah

3

Tabung Gas 3 kg

Rp. 170.000

1 Buah

4

Knop Higienis Cetakan teflon 8 Lubang

Rp. 605.000

2 Buah

5

Sutil kue kecil

Rp. 20.000

2 Buah

6

Toples

Rp. 100.000

7 Buah

7

Lap Tangan

Rp. 30.000

3 Buah

8

Kotak Sampah dan Ember

Rp. 30.000

2 Buah

9

Bola Lampu

Rp. 100.000

3 Buah

10

Kabel

Rp. 50.000

1 Buah

11

Saklar Lampu

Rp. 40.000

1 Buah

12

Merek Usaha/banner

Rp. 100.000

2 Meter

13

Tepung Trigu

Rp. 60.000

5 Kg/Maksimal 2 Hari

14

Telur

Rp. 40.000

2 Kg/ Maksimal 2 Hari

15

Fernipan

Rp. 10.000

10 Bungkus/ 2 Hari

16

Gula Pasir

Rp. 60.000

5 Kg / 2 Hari

17

Garam Halus

Rp. 15.000

3 Bungkus/ 2 Hari

18

Baking Powder

Rp. 10.000

10 Bungkus / 2 Hari

19

Susu Kaleng

Rp. 90.000

10 Kaleng / 2 Hari


NO

RASA-RASA TOPING TRANGBULAN MANIS

HARGA

JUMLAH

1

Selai Nanas

Rp. 150.000

5 Kaleng

2

Keju

Rp. 18.000

1 kotak

3

Selai Strawberry

Rp. 150.000

5 Kaleng

4

Kacang

Rp. 20.000

1 kg

5

Meses Ceres

Rp. 90.000

3 Buah

6

Margarine

Rp. 16.000

1 kg

7

Susu Kaleng

Rp. 45.000

5 kaleng

8

Selai Durian

Rp. 150.000

5 Kaleng
 

TOTAL UNTUK MODAL AWAL
Rp. 11.406.000


BAB 12
METODE PELAKSANAAN PROGRAM


1. Metode pengumpulan data


Metode pengumpulan yang dilakukan ialah dengan mencatat segala jenis aktifitas dan kendala-kendala apa saja yang dapat menghambat kelancaran usaha trangbulan manis ini. Kritik dan saran dari pelanggan akan sangat mendukung kemajuan usaha ini.

2. Survei bahan baku


Bahan baku sangat penting dalam usaha trangbulan manis ini, karena tanpa tersedianya bahan baku, sudah pasti usaha ini tidak akan berjalan lancar, salah satu faktor yang mendukung usaha roti bakar ini ialah bahan baku, maka dari itu kami membagi tugas untuk survei dan menjalin kerja sama dengan salah satu pabrik roti maupun toko roti yang menjual bahan baku tersebut.

3. Sosialisasi kepada masyarakat


Percobaan demi percobaan kami lakukan demi mendapatkan cita rasa yang sesui dengan lidah konsumen dan berbeda dari trangbulan mini lainnya, untuk tahap awal kami memberi secara cuma-cuma kepada tetangga sekitar dan pelanggan 5 orang pertama yang membelinya. Setelah mendapat respon yang bagus baru kami berani mengembangkan usaha trangbulan manis ini, tidak lupa pula kami menjelaskan kepada konsumen tentang kandungan gizi dan manfaat dari trangbulan manis ini bagi tubuh manusia melalui selebaran yang kami tempel dan diletakkan didekat meja maupun gerobak dagangan kami.

4. Penjualan atau pemasaran produk


Penjualan dilakukan setelah selesai segala aktifitas kuliah, bisanya dilakukan dari sore hingga malam hari, tergantung dari bahan baku yang kami punya setiap malamnya. Kami juga menerima pesanan dalam jumlah yang banyak kami siap untuk melayaninya.

5. Keuntungan hasil usaha


Usaha Trangbulan Mini Manis Goyang di Lidah merupakan usaha yang saya rintis dengan menggunakan modal awal yang cukup besar, maka dari itu keuntungannya akan saya gunakan untuk membuat cabang yang lain.

BAB 13
PENUTUP


A. Saran


Sebagai wirausahawan yang baik, kami tidak akan membiarkan usaha ini berjalan secara mendatar. Kami akan terus mencoba memperbaiki kualitas pekerjaan kami, agar para peminat atau konsumen puas atas pelayanan dan citarasa dari trangbulan manis yang kami buat. Karena apabila kualitas dari trangbulan mini kami tidak kami tingkatkan kemungkinan besar usaha ini tidak akan maju dan terancam bangkrut.

B. Kesimpulan


Menurut kami usaha ini dapat berkembang dan akan mencapai keberhasilan. Kami sangat yakin bahwa usaha ini akan maju dan terus berkembang karena dilakukan oleh orang–orang yang mempunyai kualitas dalam menjalankan setiap pekerjaan. Kami sadar bahwa usaha ini tidak akan langsung seketika berkembang pesat tapi kami akan terus berjuang untuk terus menjalankan dan mengembangkan usaha ini.


Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter